Wednesday 19 August 2015

Mudik Pakai Daihatsu Ayla

Akhirnya bisa mudik pakai neng ayla tahun ini, tadinya sempeet bingung apa bisa nih salah satu mobil LCGC (yang katanya cuma khusus buat dalam kotaan) dipakai buat mudik, lumayan jauh lagi, yaitu dari Bandung ke Yogyakarta, terus main ke Malang dan Batu (Jawa Timur).
Memang si neng ayla baru 5-6 bulanan nongkong di garasi (padahal teras rumah). Sebelum beli, nanya-nanya ke si salesnya, bisa ga buat mudik, tapi dasar sales bilangnya bisa aja. hehehe ..... akhirnya mendekati libur lebaran bulan Juli 2015, saya searching di internet, ternyata belum ada yang secara jelas yang ceritaiin pengalaman mudik pakai ayla.

si neng lagi di teras
ya udahlah nekad dipakai aja nih ayla untuk mudik, tujuan pertama Bandung-Yogyakarta untuk antar ibu mertua negokin keluarganya di daerah Bantul, sebelum wisata ke Malang dan Batu
persiapan pertama : Mesin, karena baru di servis rutin sebelumnya, jadi berani tanpa di servis lagi. Tapi saya juga ikut cek-cek dikit lah, seperti air radiator, wiper, accu, yang lain ga berani, takut garansi ga berlaku, tapi oli si ayla sudah pakai shell hx-5 (Tapi ganti olinya di bengkel resmi waktu servis pertama), maklum udah bawaan dari mobil sebelumnya, selalu pake oli ini.
persiapan ke dua : Ban, langsung kuras angin dan ganti pakai nitrogen (banyak di spbu), katanya sih tidak cepat memuai, biar adem
persiapan ke tiga, Body ayla, karena si neng ayla warnanya putih, jadi saya harus persiapan extra, setelah di cuci di salon mobil, sampai rumah dicuci sendiri lagi pakai shampo yg bagusan, yaitu Meguiar's yang Gold Class, terus cek ulang apa masih ada noda atau tidak, kalo sudah bersih, baru di wax deh pakai produk Meguiar. Niat untuk memberi perlindungan buat body si ayla.
persiapan ke empat, Rute, persiapan peta (minta ama petugas keluar tol) antisipasi kalo hp yang ada mapsnya abis batere. Disini menentukan rute, kota-kota yang akan dilewati dsb.
persiapan ke lima, Supir, (saya sendiri) istirahat dan makan cukup sebelum keberangkatan, plus vitamin, plus kopi (saya sipain nescafe yang kotak yang tinggal diminum)

Hari Keberangkatan

persiapan, menyusun bagasi

05:30 kami berempat, saya, istri ,anak dan mertua, berangkat dari rumah (daerah Nanjung) Bandung, sambil dengerin radio PRFM cari info lalulintas, ternyata semua jalan macet, termasuk pintu tol Cileunyi, ya udah jalanin aja, bener dah luar biasa. lolos Cileunyi, kejebak di nagrek, nagrek lolos, kejebak di limbangan. lolos dari limbangan jam 13:00, Gentong, Tasik, Banjar sampai Jateng lumayan lancar hanya pas pintu kereta aja yang agak tersendat, sampai di Bantul jam 00:30. Si neng Ayla fine fine aja, oh ya lupa...kami sempet sih istirahat daerah Jati Lawang (daerah setelah Wangon, Jateng)

macet dari bandung menuju nagrek

Besok nya pas hari lebaran, setelah silahturahmi dengan keluarga, kami bertiga(mertua tetap di Bantul) Jam 09:00 berangkat ke Malang untuk wisata, perjalanan lewat Solo, Ngawi, dan beberapa kota lain terus muter di Mojosari, Mojokerto, sengaja kami tidak lewat Pujon, Kediri karena takut macet di jalan yang mendaki. Sampai Malang jam 20:00, istirahat di hotel.
Keesokan harinya setelah beristirahat, kami wisata ke pantai Bale Kambang, daerah Malang Selatan, lumayan jalan kecil, berliku dan naik turun, tapi si neng Ayla tetap menunjukkan kegagahannya...hehehe.

bergaya di Pantai Bale Kambang, Malang

Centil di Parkiran Jatim Park 1

Setelah puas seharian di BaleKambang, kami balik ke Malang, untuk melanjutkan wisata ke Batu, Tapi berhubung sudah malam kami cari hotel yang murah meriah di Malang Kota, baru besoknya berangkat ke Batu. Di Batu, ada beberapa tempat wisata kami kunjungi, diantaranya jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut, dan BNS, kami kunjungi selama 2 hari.

Yang ini di Kediri

Dari cek out dari hotel di Batu, kami pulang ke Bantul via Pujon, Kediri. memerlukan 12 jam untuk sampai ke Bantul. Setelah beberapa hari menginap di Bantul dan Yogyakarta, kami pulang kembali ke Bandung. Perjalanan dari Bantul ke Kutoarjo lewat jalan alternatif  selatan, lumayan sepi tapi kami tidak meneruskan karena jalan mulai jelek dan tidak ada pom bensin, karena kebetulan tinggal 3 strip.

Balik dari Bantul menuju Bandung

Dalam perjalanan semua lancar hanya di Gentong kami mengalami macet total, sampai matikan mesin hampir 1 jam, tapi untungnya malam, jadi tidak terlalu panas. Setelah 2 lajur dibuka untuk satu arah yang mengarah di Bandung, Tanjakan Gentong terlewati dengan aman, walaupun sempet degdegan, karena banyak pula mobil-mobil dengan cc yang lebih besar pada mogok, Untungnya si Ayla nih kuat juga nanjak, tapi sengaja AC saya matikan biar ga tekor tenaganya. Sempat macet juga dibeberapa tempat tapi tidak separah di Tanjakan Gentong.
Macet di Gentong, Tasik menuju Bandung

Akhirnya setelah 16 jam perjalanan, sampai juga di home sweet home.
Beberapa hari setelah itu saya masukan si neng Ayla untuk di service rutin ke 2, dan semuanya tidak ada masalah. Lumayan juga nih Daihatsu Ayla, oke juga buat mudik jauh, asalkan selalu istirahat beberapa puluh menit setelah berkendara 4-5 jam. Irit lagi, semua perjalanan cuma habis 750 ribuan, pakai pertamax.

1. Om .salam.kenal.saya benny pemilik ayla tipe.x.bagi tips dong supaya bisa nanjak di jalan daerah pegunungan seperti bat

2. Salam kenal om, sy jg user si neng, br mau nyobain turing nunggang so neng ayla nich, rute cikarang-bandung-jogja, moga lancar

3. Mantap bro.... Info dr berbagai sharing, yg penting cara mengemudinya . Bukan mobilnya. Buktinya Ayla dipakai ke Tangkuban perahu juga ga masalah.. prepare matiin AC juga ide yg bagus jika tanjakan curam dan muatan penuh..